Pengertian
Manajemen Mutu
Manajemen mutu merupakan sistem manajemen
yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan
pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi. Manajemen mutu
merupakan sistem manajemen yang berfokus pada pada orang/ karyawan.
Dari pengertian di atas dapat disimpulkan
bahwa manajemen mutu merupakan gabungan dari semua fungsi manajemen yang
dibangun berdasarkan konsep kualitas dan berorientasi pada kepuasan pelanggan.
Dengan di revisi nya sistem manajemen mutu ISO 9001 : 2008 menjadi ISO
9001 : 2015 terjadi beberapa perubahan - perubahan yang cukup signifikan dan
salah satunya adalah perubahan prinsip manajemen mutu dari 8 menjadi 7 prinsip
manajemen mutu. Berikut adalah gambar prinsip Manajemen Mutu :
Apa itu sertifikasi ISO 9001?
ISO 9001
adalah standar sistem manajemen mutu yang diakui secara internasional, yang
merupakan tolak ukur global untuk sistem manajemen mutu. ISO 9001 menetapkan
persyaratan dan rekomendasi untuk desain dan penilaian dari suatu sistem
manajemen mutu. ISO 9001 bukan merupakan standar produk, karena tidak
menyatakan persyaratan yang harus dipenuhi oleh sebuah produk (barang atau
jasa), namun diharapkan bahwa produk yang dihasilkan dari suatu sistem
manajemen kualitas internasional, akan berkualitas baik (standar).
ISO 9001
menyediakan infrastruktur, prosedur, proses dan sumber daya yang dibutuhkan
untuk membantu organisasi memonitor, meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja
demi mendorong efektifitas, efisiensi, layanan pelanggan dan keunggulan produk.
Sertifikasi ISO 9001 membantu organisasi untuk menyampaikan proses keterlibatan
para stakeholder, reputasi organisasi, Kepuasan pelanggan dan Manfaat
kompetitif.
No comments:
Post a Comment