Thursday, August 9, 2018

Contoh Review Jurnal


JUDUL :  PENGARUH KINERJA KEUANGAN, GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN FOOD AND BEVERAGE
JURNAL : MANAJEMEN DAN KEWIRAUSAHAAN
VOLUME & HALAMAN :  VOL.14 NO.
TAHUN : 2 SEPTEMBER 2012
PENULIS :  Tri Kartika Pertiwi,  Ferry Madi Ika Pratama
REVIEWER : Rahmat Hidayat
TANGGAL : 2 Mei 2018

TUJUAN PENELITIAN : Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kinerja keuangan yang diukur dengan Return on Assets (ROA) terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan Tobin’s Q serta untuk menganalisis Good Corporate Governance sebagai variabel moderasi.
SUBJEK PENELITIAN :  Perusahaan Food and Bevarage.
METODE PENELITIAN :  Teknik yang digunakan untuk menganalisis pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan adalah analisis regresi linier berganda,  dapat disimpulkan bahwa ketika tingkat keuntungan dalam kinerja keuangan yang dicapai perusahaan tersebut semakin baik maka akan berpengaruh positif dalam meningkatkan nilai perusahaan artinya semakin tinggi kinerja keuangan yang diukur dengan Return on Asset (ROA) maka semakin baik produktivitas asset dalam memperoleh keuntungan bersih. Terbukti bahwa jika penawaran tinggi maka akan meningkatkan perminta-an. Hal ini selanjutnya akan meningkatkan daya tarik perusahaan kepada investor. Peningkatan daya tarik perusahaan menjadikan perusahaan tersebut makin diminati investor, karena tingkat keuntungan akan semakin besar. Oleh karena itu, Return on Asset merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
HASIL PENELITIAN : Hasil penelitian menunjukkan kinerja keuangan berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan Good Corporate Governance bukanlah variabel yang memoderasi hubungan kinerja keuangan dengan nilai perusahaan.
KEKUATAN : metode penghitungan yang dilakukan sangat jelas sehingga dapat membuat pembaca mudah memahami isi jurnal.
KELEMAHAN : sedikitnya jumlah sampel yang diteliti











JUDUL : PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN KINERJA KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PERUSAHAAN PERAIH THE INDONESIA MOST TRUSTED COMPANY–CGPI
JURNAL : Kewirausahaan,  
VOLUME & HALAMAN : Volume 5 No.
TAHUN : 2 Desember 2011
PENULIS :  Suklimah Ratih
REVIEWER : Rahmat Hidayat
TANGGAL : 2 Mei 2018

TUJUAN PENELITIAN : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CGPI terhadap nilai perusahaan (NP) terhadap peringkat perusahaan pemenang 'Perusahaan Indonesia Paling Tepercaya (IMTC-CGPI) menggunakan empat variabel intervening yang terdiri dari margin laba bersih (NPM) dan Pengembalian Aset (ROA). Dengan penelitian ini diharapkan dapat mengetahui efektivitas pengaruh CGPI baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap nilai perusahaan
SUBJEK PENELITIAN : Perusahaan - perusahaan manufaktur dan ekstraktif yang mendapatkan peringkat The Indonesia Most Trusted Companies - Corporate Governance Perception Index ( IMTC-CGPI ).
METODE PENELITIAN : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu yang melakukan pengujian terhadap hubungan kausal dari variabel – variabel penelitian yang terukur (parametrik).
HASIL PENELITIAN : Hasil dari penelitian ini adalah: 1). Hasil tes pengaruh CGPI terhadap 2 variabel intervening ditemukan tidak ada satu pun yang menunjukkan hubungan kausal yang signifikan. 2). Hasil pengujian pengaruh langsung variabel intervening terhadap nilai perusahaan (NP) juga hanya satu hubungan kausal yang menunjukkan pengaruh signifikan dari pengaruh return on investment (ROA) terhadap nilai perusahaan (NP) dan pengaruhnya secara signifikan. positif, koefisien jalur adalah 0542 dengan signifikansi 0002 (<0,050). 3). Hasil uji pengaruh tidak langsung CGPI terhadap nilai perusahaan (NP) dengan dua variabel intervening (NPM dan ROA), tidak ditemukan hubungan kausal yang menunjukkan pengaruh signifikan.
KEKUATAN : Menggunakan 4 variabel intervening
KELEMAHAN : kurangnya sampel yang diteliti








JUDUL : PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KINERJA
KEUANGAN DAN NILAI PERUSAHAAN
JURNAL : Administrasi Bisnis
VOLUME & HALAMAN : Vol. 50 No.
TAHUN : 3 September 2017
PENULIS : Salsabila Sarafina, Muhammad Saifi
REVIEWER : Rahmat Hidayat
TANGGAL : 2 Mei 2018

TUJUAN PENELITIAN : Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis dan menjelaskan pengaruh simultan dan dominan Good Corporate Governance yang terdiri dari variabel Dewan Komisaris Independen dan Komite Audit terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan yang dihitung menggunakan Return On Assets dan TobinsQ.
SUBJEK PENELITIAN : Kinerja keuangan dan nilai perusahaan BUMN
METODE PENELITIAN : Pеnеlitian ini mеrupakan pеnеlitian pеnjеlasan (еxplanatory rеsеarch) dеngan pеndеkatan kuantitatif.
HASIL PENELITIAN : Hasil pengujian hipotesis pertama diketahui F.sig α (0,000) < 0,05 menunjukkan ada pengaruh signifikan secara simultan dari variabel Dewan Komisaris Independen dan Komite Audit terhadap Kinerja Keuangan. Hasil pengujian hipotesis kedua diketahui F.sig α (0,000) < 0,05 menunjukkan ada pengaruh signifikan secara simultan dari variabel Dewan Komisaris Independen dan Komite Audit terhadap Nilai Perusahaan. Secara parsial masing masing variabel Good Corporate Governance berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan dan Nilai Perusahaan.
KEKUATAN : Data dapat dengan mudah dicari
KELEMAHAN : lamanya waktu penelitian

No comments:

Post a Comment